Tips Membeli Laptop Second

Posted on

Laptop sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi pelajar, mahasisa ataupun pekerja. Laptop bisa dibilang device yang paling simple untuk bekerja setelah komputer karena lebih ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Saya yakin jika diberi pilihan kepada pelajar atau pekerja lebih baik dibelikan laptop atau komputer pasti mereka memilih laptop, karena mudah simple dan mudah dibawa kemana-mana. Dari sekian banya jenis laptop, mereka memiliki berbagai macam spesifikasi juga, mulai dari yang biasa-biasa saja dan yang paling tinggi spesifikasinya dan juga harga yang berbeda-beda.

Semakin tinggi kebutuhan kita terhadap sebuah laptop maka semakin tinggi pula spesifikasi laptop yang harus kita miliki, sehingga modal yang harus kita sediakan juga harus tinggi untuk mendapatkan spesifikasi laptop tersebut. Lalu bagaimana jika modal kita belum cukup? Gampang sekali, kita cukup mencari laptop second sesuai spesifikasi yang kita inginkan dengan modal yang kita punya. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli laptop second tersebut agar tidak salah memilih. Oleh karena itu saya membuat beberpa tips yang perlu kita lakukan saat membeli laptop second agar tidak salah dan rugi.

  1. Kebutuhan Pemakaian

Tentukan terlebih dahulu spesifikasi yang sesuai dengan pekerjaan kita. Misalkan hanya untuk pelajar biasa, biasanya hanya menggunakan aplikasi-aplikasi sederhana seperti Microsoft Word dan kawan-kawanya. Sehingga spesifikasi yang cocok mungik saat ini adalah Intel Core i3 dengan memori 2GB dan media pentimpanan Hard Disk sekitar 265GB – 500GB.

  1. Harga Laptop

Bandingkan harga laptop second yang mau kita beli dengan harga barunya, jangan sampai hanya beda tipis Rp100.000 – Rp300.000 karena lebih baik membeli yang baru seklaian.

  1. Kenali Penjual

Jika penjualnya adalah teman sendiri maka akan lebih bagus untuk ditanyai tentang laptop tersbut, namun jika mencari laptop secara online maka disarankan untuk COD atau ketemuan langsung dengan penjualnya agar bisa bertanya langsung sengan penjual terkait laptop yang mereka jual. Hal ini dilakukan agar kita bisa terhindar dari masalah penipuan.

  1. Kondisi Laptop

Tanyakan berpa lama umur pemakaian laptop yang diijual, lalu perhatikan kondisi hardware komputer seperti keadaan fisik apakah terdapat kerusakan atau tidak. Saya sarankan untuk membeli laptop second carilah yang umur pemakaianya belum sampai 1 tahun.

  1. Garansi

Mintalah garansi personal pada penjual, missal 5 hari atau seminggu agar kita bisa menilai kinerja pada laptop yang kita beli selama beberapa hari penggunaan. Jika terdapat beberapa kerusakan yang tidak sesuai dengan perjanjian saat pembelian maka kita bisa mengembalikan laotop tersebut kepada penjual dan uang kita kembali 100%.

  1. Kontak Dan Alamat Penjual

Setelah deal dengan pembelian barang jangan lupa menyimpan kontak dan alamat penjual agar gambang menghubungi penjual ketika terjadi kerusakan pada laptop yang kita beli

Jika tips-tips diatas diterapkan pada saat pembelian laptop second, saya yakin anda pasti mendapatkan laptop yang sesua dengan kriteria yang anda inginkan dengan aman. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda silahkan share agar teman-teman anda yang lainya dapan membaca dan mengetahui tips-tips membeli laptop second. Semoga bermanfaat dan terimakasih 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.