Sensor LDR (Light Dependent Resistor)

Posted on

Light Dependent Sensor atau biasa disingkat LDR adalah salah satu sendor yang sering digunakan oleh orang-orang kalangan elektronika untuk membuat suatu rangkaian alat dengan pemanfaatan suatu cahaya. LDR merupakan salah satu bagian dari resistor yang nilainya  dapat berubah berdasarkan besar dan kecilnya cahaya yang mengenai LDR tersebut. Nilainya hambatan atau resistantsinya akan berubah-ubah berdasarkan jumlah cahaya yang akan di terima. Pada saat terkena cahaya yang lebih besar maka nilai resistansinya akan semakin kecil dan sebaliknya jika cahaya yang diterima atau dalam keadaan gelap nilai resistansinya akan semakin kecil.

LDR sering digunakan sebagai sensor pendeteksi cahaya yang dialihkan pada alat lain seperti lampu penerang jalan, alat anti maling, alaram, lampu tidur dan sebagainya. Pada rangkaian lampu penerang jalan akan dihubungkan dengan resisor yang berfungsi sebagai saklar untuk menghidupkan dan mematikan lampu jalan tersebut. Jika pada keadaan gelap atau memasuki waktu malam atau keadaan gelap sensor LDR akan menginformasikan pada rangkaian sehingga mengontrol relay agar menghidupkan lampu jalan, dan jika waktu kembali pagi atau keaadaan terang sensor LDR akan kembali menginformasikan kepada rangkaian untuk mengontro relay agar mematikan lampu jalan. Sehingga dengan sensor LDR tidak perlu lagi manggunakan operator lampu jalan yang bolak balik menghidupkan dan mematikan lampu.

Bentuk dan simbol sndor LDR

pada umumnya sendor ini memiliki jumlah kaki yang sama dengan bentuk resistor biasa, yaitu hanya memiliki 2 kaki saja dan keduanya sama saja jika dibalik. Simbolnya pun memiliki kemiripan dengan resiston biasa, dimana resistor ini dilambangkan seperti garis berbentuk zig-zag dan memiliki dua panah mengarah kepada garis zig-zag tersebut yang melambangkan cahaya masuk pada resistor. Berikut gambar dan simbol sensor LDR:

Bentuk LDR

Symbol Sensor LDR

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.