Penegertian Dan Cara Kerja 7 Segment

Posted on

7 Segment adalah komponen elektronika yang berfungsi sebagai display angka dan huruf tertentu. Sesuai namanya (segment) 7 segment terdiri dari 7 bagian Light Emitting Diode (LED) yang tersusun secara CATHODE atau ANODEPenyusunan secara Cathode dan Anode memiliki rangkaian masing masing, dimana susunan rangkaian Cathode akan dirangkai dengan menyatukan semua kaki Cathode dari ke tujuh LED dan Anode LED debagai input data yang akan diterima oleh masing-masing LED (low/high). Sedangkan Anode adalah kebalikanya, dimana setiap kaki Anode dari ke tujuh LED akan di hubungkan menjadi satu dan kaki anode akan menjadi input data untuk masing-masing LED. Untuk lebih jelasnya kita perhatikan terlebih dahulu datasheet dari satu LED berikut:

Dari datasheet diatas kita bisa melihat bahwa kaki positif (+) LED disebut Anode dan kaki negatif (-) LED disebut Cathode. Selanjutnya kita lihat datasheet dari 7 Segment:

Diatas merupakan sekama rangkaian susunan LED pada 7 Segment. Pada LED 7 Segment jenis cathode terlihat semua kaki Cathode LED sihubungkan menjadi satu dan kaki Anode di jadikan sebaga jalur input untuk setiap LED. Sedangkan pada LED 7 Segment jenis Anode semua kaki Anode LED dihubungkan menjadi satu dan kaki Cathode dijadikan sebagai jalur input untuk setiap LED. Jika dirangkai menjadi 7 segment maka akan menjadi seperti berikut:

Cara kerja 7 Segment

Bagaimana sebuah 7 segment bekerja sehingga membentuk sebuah angka? saya akan coba menjelaskan berdasarkan sepengatuhan saya tentang 7 segment 😀 .  Jadi, menurut saya, 7 segment bekerja sesuai perintah yang diberikan melalui driver atau IC yang berhubung langsung dengan kaki-kaki 7 segment melalui sebuah code low atau high. Maksudnya, perintah untuk menjalankan sebuah 7 segment sama seperti menyalakan dan mematikan sebuah LED tetapi dengan sebuah rangkaian komplek LED yang membentuk angka 8 pada 7 segment dan dinyalakan/dimatikan sesuai angka yang ingin di munculkan pada layar 7 segment. Jadi logika sederhananya kita mengatur 8 buah susunan Led sehingga membentuk sebuah angka.

Berikut tabel yang saya dapat dari google bagaimana proses LED yang ada pada 7 segment sehingga membentuk angka:

Pada LED yang menyala (merah) diberi sinyal 1 atau high sedangkan pada LED yang mati (putih) diberi sinyal 0 atau low. Sekian penjelasan saya tentang 7 Segment, tetap belajar dan semoga bermanfaat 😀 ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.