Modul Bluetooth HC-05

Posted on

Bluetooth merupakan sebuah sistem penghubung nirkabel atau tanpa kabel yang dapat menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lainya untuk saling menukar informasi maupun media. Seiring perkembanganya Bluetooth banyak sekali dimanfaatkan untuk memudahkan pengguna suatu device untuk mengambil dan memindahkan sebuah data. Misalnya pada sebuah komputer, Bluetooth digunakan untuk menukar file, memindahkan file, bertukar informasi dan sebagainya dan masih banyak seklai perangkat-perangkat yang menggunakan bluetooth sebagai media penukaran informasi seperti Handphone, Camera digital, Headset, Printer dan lain-lain.

Dengan adanya bluetooth peran kabel yang biasanya digunakan untuk menukar sebuah data semakin lama-semakin berkurang, karna cukup menggunakan koneksi bluetooth kita bisa menukar informasi walaupun menggunakan kabel kecepatan transfer datanya lebih cepat. Seiring berkembangnya jaman dan teknologi, bluetooth mulai dimanfaatkan pada industri industri ataupun perumahan untuk mengontrol dan mengatur alat-alat elektronik pada seperti lampu, AC, Pintu, Kulkas bahkan pendeteksi maling sekalipun. Bluetooth yang digunakan tersebut banyak digunakan oleh para pengembang atau developer hardware dan software untuk membuat sebuah inovasi-inovasi baru demi kenyamanan kehidupan umat manusia. Bluetooth tersebut adalah jenis HC-05. Bluetooth ini biasanya dipadukan dengan mikrokontroler sebagai pusat pengelola infotmasi yang diterima oleh bluetooth tersebut. Misalnya saja yang banyak digunakan adalah mikrokontroler Arduino, para pengembang banyak yang menggunakan Arduino sebagai pengontrol keluar masuknya informasi pada bluetooth HC-05. Selanjutnya Bluetooth HC-05 akan dihubungkan dengan sebuah smarphone yang didalamnya sudah dibuatkan aplikasi yang dapat terhubung mengontrol bluetooth HC-05. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:

Spesifikasi bluetooth HC-05

Setiap device yang kita kenal terdapat spesifikasinya masing-masing, begitupun dengan bluetooth HC-05 ini, berikut spesifikasi dari bluetooth HC-05:

Bluetooth protocal: Bluetooth Specification v2.0+EDR
Frequency: 2.4GHz ISM band
Modulation: GFSK(Gaussian Frequency Shift Keying)
Emission power: ≤4dBm, Class 2
Sensitivity: ≤-84dBm at 0.1% BER
Speed: Asynchronous: 2.1Mbps(Max) / 160 kbps, Synchronous: 1Mbps/1Mbps
Security: Authentication and encryption
Profiles: Bluetooth serial port
Power supply: +3.3VDC 50mA
Working temperature: -20 ~ +75Centigrade
Dimension: 26.9mm x 13mm x 2.2 mm

Bluetooth ini bekerja pada frekuensi 2.4GHz dengan tegangan sumber yang dibutuhkan untuk bekerja sebesar 3,3VDC 50mA dan jarak jangkauan sinyalnya sejau kurang lebih 30 meter pada area kosong (tanpa penghalang). Pada saat aya mencoba menggunakan module bluetooth HC-05 caya coba memberi perintah dengan memberi penghalang jarak antara bluetooth HC-05 dengan smartphone, hasilnya sinyal yang dikirim seperti memiliki jeda waktu atau timing untuk sampai pada modul dan baru perintah yang dikirimkan diterima dan diproses oleh buetooth HC-05.

Untuk mendapatkan module Bluetooth ini kalian bisa memberlinya di toko elektronik, robotika maupun toko-toko online dengan harga kisaran Rp70.000 hingga Rp150.000 tergantung toko dan daerah mana kalian membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.