Menggabungkan Dua Partisi Hard Disk Menjadi Satu

Posted on

Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang Cara Partisi Hardisk Dengan Aman. Agar lebih jelas silahkan teman-teman baca terlebih dahulu isi dari postingan saya tersbut, sehingga kalian paham dengan cara-cara yang akan saya jelaskan. Nah untuk kali ini saya akan membuat artikel tentang bagaimana cara Menggabungkan Dua Partisi Hard Disk Menjadi Satu. Agar lebih aman alangkah baiknya untuk memindah isi hard disk jika masih ada file-file penting  didalamnya. Ada dua cara untuk melakukan penggabungnan hard disk, yaitu:

Cara pertama:

Cara yang pertama akan menghilangkan semua data pada hard disk. Berikut langkah-langkahnya

  1. Buka aplikasi MiniTool Partition Wizard
  2. Akan ada beberapa pilihan hardisk di tampilan aplikasinya, tergantung kita memasang berapa hard disk pada computer atau laptop kita. Kalian harus benar-benar tau mana hard disk yang ingin digabungkan partisinya.
  3. Jika sudah tau mana hard disk yang ingin di partisi, selanjutnya klik kanan pada salah satu partisi hard disk, kemudian pilih “Delete”.
  4. Kemudian lakukan hal yang sama pasa partisi lainya, sehingga tampilan partisi har disk menjadi seperti berilkut:
  5. Selanjutnya klik kanan pada hard disk tersebut dan pilih “Create”.
  6. Ganti nama “Partition Label” sesuai yang kalian inginkan atau boleh juga kosong. Biarkan format hard disk default dan jangan ubah ukuran hardisk dan kemudian klik OK.
  7. Jika semua pengaturan sudah selesali, langkah selanjutnya adalah menekan tombol “Apply” kemudian nanti akan muncul pernyataan persetujuan untuk mengubah partisi hard disk. Tekan “Yes” untuk menyetujui.
  8. Tunggu sampai proses selesai.
  9. Proses berhasil jika muncul tampilan seperti berikut:

 

Cara kedua:

Cara kedua tidak akan menghapus data pada partisi pertama, namun data pada partisi kedua akan hilang. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi MiniTool Partition Wizard.
  2. Pilih hard disk yang akan di gabungkan partisinya.
  3. Klik kanan pada partisi kedua dan pilih “Delete”.
  4. Kemudian klik kanan pada partisi pertama dan pilih “Exrtend”.
  5. Pada kolom “Take Free space From:” adalah pilihan partisi hard disk yang akan kita gunakan untuk mengambil spacenya dan kita gabungkan di partisi pertama.
  6. Geser scroll bar kea rah kanan sampai ujung dan sampai partisi kedua jumlah spacenya menjadi 0.00 KB kemudian tekan OK.
  7. Jika benar, semua partisi hard disk akan menjadi satu seperti gambar berikut:
  8. Tekan tombol “Apply” dan pilih “Yes” jika muncul kotak dialog seperti berikut:
  9. Tunggu proses sampai selesai
  10. Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Dua cara diatas sudah pernah saya coba danberhasil. Bagi kalian yang masih bingung silahkan bertanya dibawah kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.