Mencegah Hard Disk Rusak Atau Bad Sector

Posted on

Hard disk merupakan komponen komputer atau laptop yang diperlukan untuk menyimpan data dan file-file penting, termasuk system yang ada pada komputer kita. Hard disk salah satu komponen vital yang mudah rusak jika tidak dirawat dan digunakan dengan benar. Seluruh data yang ada pada hard disk pasti akan mengalami corrupt atau tidak bisa dibuka dan digunakan lagi jika hard disk mengalami bad sector. Apa itu bad sector? Yaitu kerusakan sektorsektror penyimpanan file pada hard disk yang disebabkan oleh masala system atau fisik. Untuk menjaga hal tersebut tidak terjadi

  1. Matikan Laptop Dengan Benar

Jika kamu orang yang baru pernah menggunakan perangkat laptop atau komputer maka kamu wajib mengetahui cara mematikan komputer dengan benar. Salah satu hal yang tidak diperbolehkan adalah mematikan komputer dengan langsung menekan lama tombol power. Hal tersebut bisa mengganggu proses kerja hard disk.

  1. Hindari Goncangan, Benturan Dan Getaran

Sangat tidak disarankan jika hard disk diletakan pada tempat yang bergetar, mudah jatuh dan terkena goncangan. Baik hardisk internal ataupu internal hal ini sangat berpengaruh pada saat hardisk digunakan. Putaran piringan hardisk akan tidak stabil jika goyang atau terkena benturan dan dapat membuat piringan tersebut tergores oleh head atau pembaca data pada hard disk

  1. Defrag Hard Disk Secara Rutin

Salah satu penyebab bad sector adalah penyimpanan data pada sector-sector hardisk yang tidak teratur, sehingga pada saat melakukan pencariand data kinerja hard disk meningkat.

  1. Menjaga Suhu Laptop

Panas juga akan berpengaruh pada kinerja hard disk. Dengan menjaga suhu komputer maka akan membantu kinerja hard disk. Sirkulasi udara yang baik dan penggunaan kipas pendingin tambahan akan membantu hard disk terhindar dari kerusakan.

Kurang lebih 4 hal diatas bisa membantu meringankan kinerja hard disk agar tidak terjadi kerusakan kerusakan yang menyebabkan file kita rusak dan hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.