Membuat Running LED Atau Led Berjalan Dengan Mikrokontroller

Posted on

Penggunaan LED memang sangat banyak sekali dan dibutuhkan di berbagai macam alat elektronika. Contohnya TV, radio, computer, running text, traffic light bahkan kendaraanpun menggunakan LED sebagai peneranganya. Pada kendaraan led tidak hanya untuk penerangan saja akan tetapi penggunaanya adalah untuk hiasan agar kendaraan terlihat cantik dan tertarik untuk di perhatikan. Mobil truk misalnya, kendaraan ini lah yang sering kita lihat rame sekali waktu malam, lampu led yang dipasan gada dimana-mana. Ada yang menyala secara berkedip-kedip atau flip-flop, ada yang menyala terus gak mati-mati dan ada juga yang menyala seperti tetesan air yang jatuh atau lednya menyala secara bergantian ata disebut dengan LED berjalan.

Di artikel kali ini saya ingin memberi tutorial bagaiamana cara membuat sebuah LED berjalan dengan menggunakan mikrokontroller. Jika ada yang bertanya “mas arif kenapa harus membuatnya sendiri? Bukankah sudah ada yang jual dan langsung jadi tinggal dipasang?”. Jawaban saya karena BEDA!! Itu artinya kita membeli, bukan belajar. Tujuan saya adalah bagaimana caranya teman-teman bisa memahami logikanya kenapa subah rangkaian led bisa memiliki efek seperti itu dan bagaimana rangkaian yang ada pada sebuah LED berjalan.

Langsung saja ya, pembahasan saja mungkin terlalu panjang, ke intinya saja :D. seperti biasa teman-teman harus menyiapkan aplikasi simulasi dan pemrogramanya. Disini saya menggunakan Bascom karna basic saya memang di Bascom saat ini, jika teman-ingin sama-sama belajar dengan menggunakan CodeVision AVR bisa bareng saya di artikel yang disini.

  1. Step pertama buatkan rangkaian LED seperti berikut:
  2. Untuk resistornya jangan lupa gamti nilainya menjadi 160 ohm. Kenapa begitu? Baca penjelasanya disini.
  3. Setelah pembuatan rangkaiannya selesai, selanjutnya buatlah kode program seperti berikut. Jangan di copas ya, DIKETIK!

$regfile = “m8def.dat”

$crystal = 1000000

 Config Portd = Output

 Do

Portd = &B00000001

Waitms 100

Portd = &B00000010

Waitms 100

Portd = &B00000100

Waitms 100

Portd = &B00001000

Waitms 100

Portd = &B00010000

Waitms 100

Portd = &B00100000

Waitms 100

Portd = &B01000000

Waitms 100

Portd = &B10000000

Waitms 100

 Loop

 

  1. Setelah selesai menulis kode program, selanjutnya save dengan nama “led_berjalan” lalu compile dengan menekan F7 pada keyboard
  2. Buka aplikasi ISIS atau rangkaian yang telah kita buakan tadi kemudian masukan kode program yang telah di compile pada rangkaian ATmega8 dengan cara double click pada IC atmega8 dan pilih icon folder.
  3. Masuk ke folder penyimpanan kode program dan pilih file yang bernama led_berjalan.hex. kemudian tekan ok pada jendela edit komponen
  4. Jalankan simulasi program dengan menekan tombol play di pojok bawah program dan ihat hasilnya.

 

Jika berhasil maka akan terlihat led akan menyala satu persatu dati kanan ke kiri.

Jika ada pertanyaan mengenai artikel ini silahkan teman-teman bisa tullis pada kolom komentar dan jika ada saran juga silahkan tulis pada kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.