Membuat LED Kedip-Kedip Dengan Menggunakan Mikrokontroller

Posted on

Pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan bagaimana cara mengaktifkan LED dengan mengguanakan Mikrokontroller. Selanjutnya saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat LED kedip-kedip dengan mengunakan mikrokontroller. Seperti artikel sebelumnya saya masih menggunakan ATmega8 sebagai mikrokontrollernya. Oke langsung saja ikuti tutorial berikut:

  1. Buatkan schematic rangkaian seperti berikut:
  2. Buatkan kode program seperti berikut. Ingat ya, jangan copas tapi di ketik agar teman-temanterbiasa membuat dan menulis program.

$regfile = “m8def.dat”

$crystal = 1000000

Config Portd.00 = Output

Led Alias Portd.0

Do

Set Led

Waitms 100

Reset Led

Waitms 100

Loop

  1. Compile kode program dengan menekan F7 pada keyboard lalu simpan dengan nama “led_kedip”.
  2. Masuk kembali ke rangkaian atau aplikasi ISIS, lalu masukan program yang telah dibuat pada ATmega8 dengan cara double click pada IC ATmega8 dan klik tanda folder seperti berikut:
  3. Masuk ke folder penyimpanan kode program teman-teman tadi dan cari file “led_kedip.hex” lalu open dan ok.
  4. Jalankan simulasi program dengan menekan tombol “Play” pada bagian bawah jendela kerja aplikasi ISIS.

Gimana?? Rangkaian led sudah berkedip-kedip bukan? Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang kode program kepada teman-teman kenapa LED nya bisa berkedip-kedip. LED bisa berkedip karena kita telah memberi program “set” dan “reset” pada LED dengan waktu tertentu pada program waitms. Perintah “set” digunakan untuk mengaktifkan fungsi LED sedangkan “reset” digunakan untuk menonaktifkan fungsi LED. Jeda waktu kedip-kedipnya di atur oleh baris program waitms 100 dimana waktu mati dan waktu nyala sebanyak 100ms atau sama dengan 1/10 detik.

Nah gampangkan membuat led berkedip-kedip dengan mikrokontroller? Untuk melatih teman-teman silahkan utak-atik sendiri kode program diatas dan lihat bagaimana hasilnya. Jangan lupa cek artikel lainya, tonton video berikut jika belum paham dengan penjelasan diatas atau beri pertanyaan pada kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.