Hal-Hal Yang Perlu Saat Diperhatikan Saat Menginstal Ulang Laptop

Posted on

Menginstal ulang sebuah laptop atau komputer bukanlah hal yang susah namun juga bukan hal yang gampan-gampang banget untuk kita lakukan. Kita harus paham dan teliti dalam melakukan instalasi, terutama bagi kamu yang belum pernah melakukan instalasi ulang pada laptop atau komputer. Jika kita melakukannya dengan sembarangan maka maka kemungkinan akan terjadi kesalahan-kesalahan dalam prosesnnya, apalagi sampai salah menghapus partisi pada hard-disk, semua data data yang ada didalam laptop dipastikan akan hilang dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Untuk artikel kali ini saya akan membahas apa saja hal-hal penting yang harus diperhatikan saat menginstall ulang komputer atau laptop. Berikut ulasanya:

  1. Jumlah Partisi Hard Disk

Hal yang pertamakali diperhatikan adalah melihat berapa jumlah partisi hard disk yang ada pada device yang inginkita install ulang. Har ini sangat penting untuk menghindari kesalahan instalasi pada driver lain.

  1. Kapasitas Drive C

Setelah melihat jumlah partisi hard disk, selanjutnya adala membandingkan kapasitas partisi drive C dengan drive penyimpanan lainya, karena drive C merupakan target penyimpanan data windows baru. Hal ini dilakukan agar pada saat instalasi kita tidak salah memilih partisi. Kita bisa membedakan drive C dengan drive lainya melalui kapasitas yang dimiliki drive C.

  1. Tipe Hard Disk

Ada dua tipe hard disl yang dipakai, yaitu GPT dan MBR (baca Cara Mengetahui Partisi Hardisk BMR Atau GPT). Keduanya memiliki perbedaan yang sangat berpengaruh pada saat instalasi ulang.

  1. Bootable USB Drive

Untuk window 7, windows 8 dan wondows 10 kapasitas USB drive atau flashdisk yang diperlukan adalah minimal 4GB, jadi flashdisk yang berukuran dibawah kapasitas tersebut tidak bisa digunakan untuk bootable.

  1. Baterai Laptop

Jika mengisntal ulang laptop kamu wajib memperhatikan jumlah kapasitas baterai dan kondisi baterai pada laptop. Jika kapasitas sudah hamper 10% maka gunakan charger saat install ulang agar laptop tidak mati ketika proses instalasi berjalan. Begitu pula dengan baterai yang sudah drop.

Baca juga: 6 Cara Merawat Baterai Laptop

  1. Suplai Listrik

Suplai listrik menjadi hal yang penting dalam instalasi, terutama pada komputer. Jika menginstal ulang komputer pastikan listrik yang digunakan tidak sering jegleg atau pemadaman. Jika sering jegleg dan pemadaman disarankan menggunakan UPS untuk cadangan suplai lilstriknya.

  1. Alasan Menginstal Ulang

Menginstal ulang komputer dan laptop tidak boleh dilakukan dengan sembarang, karena untuk menginstal ulang komputer harus dengan alasan-alasan tertentu, yaitu jika windows sudah corrupt.

Itu dia hal-hal yang perlu kita perhatikan sebelum menginstal ulang komputer dan laptop. Selalu perhatikan hal-hal diatas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.