Cara Partisi Hard Disk Dengan Aman

Posted on

Hard disk merupakan komponen yang sangat penting didalam sebuah computer atau sebuah laptop yang berfungsi sebagai media penyimpanan data. Hard disk mampu menyimpan banyak sekali data sesuai dengan kapasitas yang dimilikinya. Ketika kita membeli sebuah hard disk baru kita akan menerima hard disk yang hanya memiliki satu partisi saja. Lalu bagaimana jika kita ingin membagi partisi tersebut menjadi dua atau tiga partisi? Bagaimana jika kita belum pernah melakukan partisi hard disk sebelumnya? Bagaimana jika kalau saat hard disk yang kita partisi mengalami kegagalan dan rusak?

Jangan khawatir, melakukan partisi hard disk sangatlah gampang jika kita mengikuti panduan dan melakukanya secara benar. Untuk itu saya akan membuatkan tutorial bagaimana cara membagi partisi hard disk bagi teman-teman yang belum pernah melakukan partisi hard disk atau beberapa kali gagal melakukan partisi sebelumnya. Tutorial ini dijamin sangat aman dan gampang dilakukan oleh kalian 😀

Untuk melakukan partisi ini kita tidak melakukanya lewat “Disk Management” yang merupakan fitur bawaan dari windows melainkan menggunakan aplikasi “MiniTool Partition Wizard“ yang kalian bisa mengunduhnya di web resmi www.partitionwizard.com. Silahkan kalian download dan install aplikasinya di PC atau laptop kalian. Lalu bagaimana cara menggunakanya? Simak tutorial saya berikut

Langkah-langkah partisi hard disk:

  1. Buka aplikasi MiniTool Partition wizard
  2. Pada bagian yang saya tandai kotak merah adalah hard disk baru yang belum di partisi.
  3. Klik kiri pada hard disk yang ingin di partisi dan pilih “Create”.
  4. Beri nama label partisi baru pada kolom Partition Label, kemudian pilih format hard disk yang kita inginkan (saya membiarkanya default), lalu atur jumlah partisi baru pada kolom “Size And Location”. Untuk membuat ukuran partisi baru bisa menggunakan dua cara, yaitu dengan menggeser panel kotak atau dengan menuliskan secara manual di kolom “Partition Size”.
  5. Jika sudah selesai mengatur format dan ukuran hard disk baru, selanjunta klik OK.
  6. JIka benar maka tampilan akan seperti berikut:
  7. Selanjutnya partisi kedua, klik kanan pada “Unallocated” hard disk dan pilih “Create” lagi.
  8. Lakukan pengaturan seperti partisi pertama, jika ingin hanya dua partisi maka jumlah memori partisi kedua tidak perlu di ganti atau diubah dan langsung saja klik OK.
  9. Jika sudah melakukan partisi selanjutnya klik “Apply” untuk melakukan proses partisi.
  10. Aplikasi MiniTool Partition akan meminta persetujuan melakukan partisi pada hard disk, jika dirasa sudah benar semua langsung saja klik tombol “Yes”.
  11. Tunggu sampai proses selesai.
  12. Jika sudah selesai dan berhasil maka muncul notifikasi seperti berikut:

Untuk melakukan partisi lebih dari 2 bagian silahkan teman-teman ikuti cara nomor 3 sampai 5, tetapi saya sarankan jangan sampai kebanyakan partisi, nanti bingung saat menyimpan data, cukup 2 sampai 3 partisi saja. Untuk penggunaan hard disk eksternal cukup hanya 1 partisipun bisa.

Demikian Cara Partisi Hard disk Dengan Aman yang bisa kalian lakukan sendiri, jika  ada yang ingin di pertanyakan silahkan tinggal kan pertanyaan di kolom komentar dibawah. Selamat mencoba dan semoga berhasil 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.