Cara Mudah Defrag Hard Disk

Posted on

Melakukan defrag pada hard disk sangat penting untuk menjaga kondisi hard disk yang sector-sektronya berantakan karena pemakaian yang terus menerus. Jika sector-sektor hard disk sudah tidak teratur lagi maka pencarian data pada hard disk akan menjadi lama dan proses loading menjadi lebih lambat. Selain itu hard disk juga akan mengalami gangguan seperti badsector dan file yang kita miliki mungkin mengalami corrupt atau file tidak bisa digunakan lagi. Bagaimana jika itu adalah file penting yang kita simpan? Pastinya akan sangat memusingkan. Oleh karena itu pada artikel ini saya akan memberi tutorial bagaimana cara defrag hard disk milik kita.

  1. Download aplikasi Auslogics Disk Defrag.
  2. Install aplikasi tersebut seperti biasa.
  3. Setelah selesai melakukan install aplikasi, selanjutnya buka aplikasi tersebut.
  4. Centang pada hardisk yang ingin kita defrag dan pilih tombol Defrag
  5. Proses defrag akan berjalan selama beberapa menit, tergantung dari banyaknya sector yang akan di defrag.
  6. Jika dirasa proses terlalu lama, kita bisa mengatur aplikasi tersebut untuk mematikan komputer/laptop kita secara otomatis jika kita ingin pergi atau tidur.

Lakukan defrag hard disk secara rutin untuk menjaga hard disk kita dari kerusakan-kerusakan. Kita bisa melakukan defrag hard disk paling tidak 2 kali dalam satu bulan jika hard disk sering kita gunakan.

Baca : Begini Cara Memonitoring Kesehatan Hard Disk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.