Cara Menggunakan Motor Driver L293D Pada Mikrokontroller ATmega

Posted on

Sebelumnya saya sudah menulis artikel tentang IC L293d dimari dan bagaimana cara kerjanya disini. Jika teman-teman belum paham dengan IC tersebut dan bagaimana cara kerjanya silahkan buka kedua artikel tersebut. Di artikel kali ini saya akan membahas dan membuatkan tutorial bagaimana cara menghubungkan motor driver L293D dengan mikrokontroller. Untuk mikrokontroler yang saya gunakan untuk tutorial ini adalah mikrokontroler ATmega8 saja, jika kalian ingin menggunakan mikrokontroler ATmega jenis lain boleh-boleh saja asalkan rangkaian dan condingnya disesuaikan.

 

Rangkaian Atmega8+L293D

Oke langsung saja kita mulai dari pembuatan rangkaianya dengan menggunakan aplikasi simulator ISIS Proteus, kalian bisa mengikuti rangkaian yang telah saya buatkan berikut:

Komponen-komponen yang digunakan adalah

  1. ATmega8
  2. Button
  3. Cap
  4. Crystal
  5. L293D
  6. Res

Kodep program atau coding

Untuk coding saya masih menggunakan Bascom-AVR, insyaAllah jika ada kesempatan nanti saya akan membuat sodingnya dalam bentuk C-AVR dan juga Arduino. Coding yang saya buat sangat simple sekali, yaitu hanya membutuhkan dua buah tombol untuk membuat pergerakan atau perputaran motor dengan arah yang berbeda, berikut cosing yang saya buatkan:

$regfile = “m8def.dat”
$crystal = 1000000

Config Pinb.0 = Input
Config Pinb.1 = Input
Config Portd.0 = Output
Config Portd.1 = Output

Btn1 Alias Pinb.0
Btn2 Alias Pinb.1
M1 Alias Portd.0
M2 Alias Portd.1

Do
If Btn1 = 0 Then
M1 = 1
M2 = 0
Else
M1 = 0
M2 = 0
End If

If Btn2 = 0 Then
M1 = 0
M2 = 1
Else
M1 = 0
M2 = 0
end if
Loop

Pada coding diatas saya menggunakan tombol pertama untuk menggerakan motor DC searah dengan jarum jam dengan memberi logika 1 atau high pada input 1 (IN1) L293D dan logika 0 atau low pada input 2 (IN2), dan sebaliknya pada tombol kedua.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.