Cara Mengetahui Partisi Hardisk BMR Atau GPT

Posted on

Salah satu hal yang perlu kita ketahui sebelum menginstal ulang komputer atau laptop adalah mengetahui jenis hardisk yang terpasang pada komputer atau laptop tersebut. Jika kita tidak paham tentang hal ini kemungkinan windows bootable yang kita buat untuk menginstal ulang tidak sesuai dengan hardisk yang terpasang. Kebanyakan laptop baru sekarang menggunakan hardisk tipe GPT karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan hardisk tipe MBR. Salah satunya adalah tipe GPT mampu mengelola storage hingga tak terhingga, sedangkan MBR hanya mampu mengelola sampai 2TB storage saja.

Untuk mengetahui jenis partisi hardisk kita dangat gampang sekali, tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Hanya menggunakan fitur bawaan dari windows kita sudah bisa mengetahui tipe hardisk kita.

Berikut Cara Mengetahui Partisi Hardisk BMR Atau GPT

  1. Masuk ke “Computer Management”. Pada windows 10 klik kanan pada start > pilih Computer management. Sedangkan windows 7 klik start > klik kanan pada Computer > pililh Manage.
  2. Pilih “Disk Management”.
  3. Lalu klik kanan pada hardisk yang ingin di cek typenya. Jika terdapat tulisan “Conver To GPT Disk” maka bisa dipastikan bahwa hardisk yg terpasang bertipe MBR, sebaliknya jika terdapat tulisan “Conver To MBR” maka hardisk bertipe GPT.

Selanjutnya jika kita sudah mengetahui tipe hardik maka kita bisa membuat bootable tipe MBR atau GPT

Baca juga: Cara Membuat USB Bootable

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.