Cara Membuat USB Bootable

Posted on

Dulu untuk menginstal ulang laptop/komputer kita membutuhkan CD untuk melakukan pergantian atau perbaikan windows, namun seiring berkembangnya teknologi fitur CD sudah digantikan dengan adanya Flashdisk yang mudah digunakan, mudah dibawa kemana-mana dan tidak mudah rusak. Sistem ini disebut dengan USB Bootable. Pembuatan USB Bootable sangatlah gampang, hanya memerlukan file ISO OS (Operating System) yang mau di instalkan, Flashdisk minimal 4GB, satu buah laptop yyang sudah terinstal aplikasi Rufus didalamnya. untuk aplikasi rufus teman-teman bisa mengunduhnya di sini.

selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini

  1. Masukan flashdisk kedalam laptop yang telah tersedia aplikasi rufus dan file ISO OS. teman-teman bisa menggunakan OS Windows 7, 8 maupun Windows 10. semuanya bisa. kecuali file ISO teman-teman korup atau rusah.. hehe..
  2. Buka aplikasi Rufus.
  3. Pada kotak device ganti dengan device Flashdisk yang teman-teman masukan tadi. agar lebih aman dan gampang jangan dulu masukan flashdik lain pada laptop agar flashdisk yang akan digunakan sebagai bootable langsung terdeterksi oleh aplikasi rufus.
  4. Kemudian pilih ISO image seperti gambar beikut lalu klik icon CD disampingnya untuk mengambil lokasi file ISO yang akan buatkan bootable.
  5. setelah semua settingan selesai, selanjutnya langsung klik “start” dan tunggu hingga proses pembuatan USB Bootable selesai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.