Cara Kerja Motor Driver IC L293D

Posted on

Kali ini saya akan menjelaskan pembuatan dan penggunaan IC L293D sebagai motor driver atau pengontrol dari sebuah motor DC. Dengan menggunakan satu buah IC L293D kita dapat mengontrol 4 motor DC dengan hanya arah searah saja (CW) dan juga bisa 2 motor DC dengan arah bolak balik (CW dan CCW). Maksudnya adalah, pada IC L239D ini memiliki 4 buah output, yatu pada kaki 3 (output 1), kaki 6 (ouput 2) , kaki 11 (output3) dan kaki 14 (ouput 4). Jika menggunaka satu output untuk satu motor DC maka motor DC hanya akan berputar searah jika inputnya diberi logika high, sedangkan jika logika low maka motor akan mati . Sedangkan jika menggunakan dua input untuk satu motor maka jika salah satu input diberi nilai high motor DC akan berputar.

Gimana? bingung? oke, karna sedikit rumit saya akan memperagakan apa yang saya jelaskan di atas dengan menggunakan virtualnya saja menggunakan aplikasi ISIS Proteus.

  1. Menggunakan 4 motor untuk 1 IC L293D

    Seperti yang telah saya jelaskan diatas, jika menggunakan 4 motor untuk 1 IC L293d maka motor hanya bisa bergerak pada satu arah saja, kenapa? simak rangkaian yang saya buat berikut:

    Pada rangkaian diatas sudah terpasang satu output masing-masing satu motor DC. OUtput pada IC kita sambungkan pada kaki motor DC sedangkan sisi lain dari motor DC kita hubungkan dengan ground (GND). Jika kita memberi nilai atau logika 1 atau high pada input maka motor secara otomatis akan berputar ke arah kanan atau searah jarumjam (CW). Pada rangkaian diatas input pada IC L293D yang sudah diberi nilai 1 atau high mengubah posisi motor DC dari berhenti menjadi berputar.

  2. Menggunakan 2 motor untuk 1 IC L293D

    Menggunakan 2 motor untuk 1 IC L293D berarti kita akan menghubungkan motor DC pada semua output yang ada pada IC L293d. Berikut adalah rangkaianya:Pada rangkaian diatas saya hanya menggukan dua input saja untuk melakukan percobaan ini, teman-teman bisa menggunakan dua motor untuk melakukan percobaan ini atau membuat rangkaian seperti diatas. Pada rangkaian diatas jika kita memberi nikai 1 atau high pada salah satu inputnya maka motor akan berputar. Namun jika kedua input tersebut kita beri nilai yang sama, misalnya kita sama-sama beri nillai 1 (high) atau 0 (low) maka motor tidak akan berputar, kenapa? karena harus ada salah satu jalus arus keluar agar motor DC berputar. Pada kasus ini saya berasumsi atau berlogika sendiri bahwa ketika input diberi nilai 0 atau low maka output secara otomatis akan terhubung dengan Ground sebagai arah keluar untuk arus yang masuk pada Motor DC sehingga motor bisa bergerak, kira-kira seperti itu.. maap jika salah, heherangkaian diatas adalah contoh jika salah satu input diberi nilai high, sehingga motor dapat berputar.

Untuk kedua rangkaian diatas teman-teman bisa membuatnya dengan menggunakan aplikasi ISIS proteus. Untuk membuat rangkaian tersebut teman-teman cukup mengambil komponen berikut pada Pick Device ISIS Proteus:

  1. L293D sebagai IC motor drivernya.
  2. MOTOR sebagai outputnya
  3. LOGIC TOGGLE sebagai inputnya

Jika kalian masih bingung dengan membuat rangkaianya atau bingung dengan penjelasan saya diatas bisa tulis pertanyaan pada kolom komentar dibawah. Sekian dan terimakasih 😀

Oh ya baca juga Cara Menggunakan Motor Driver L293D Pada Mikrokontroller ATmega.

3 thoughts on “Cara Kerja Motor Driver IC L293D

  1. Kalau motor drever ic l293d sya gbungkan dengan ardoino progam cnc tetpi tidak perespon sma skali ..dan progam cncnya yg sya msukan kiranya sudah bnar…tetpi ttap tidak merespon .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.