9 Cara Sederhana Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Posted on

Banyak dari kita yang memiliki laptop namun tidak tahu merawat laptop yang kita miliki. Hal ini mungkin dikarenakan kita terlalu menganggap sepele pada laptop yang kita miliki, bahkan terkadang kita menggunakanya secara berlebihan dan memaksa. Lalu apa efeknya jika kita memperlakukan laptop kita seperti itu? Yang pasti kinerja laptop akan berkurang dan umur laptop tidak akan lama untuk digunakan. Kerusakan-kerusakan yang timbul pada sebuah laptop bermula pada cara pemakaian kita yang kurang tepat. Daya tahan laptop berbeda dengan sebuah komputer yang cenderung lebih kuat dan tahan lama. Oleh karena itu melalui artikel ini saya akan memberikan tips 9 Cara Sederhana Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak. Berikut ini 9 Cara Sederhana Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak.

  1. Bersihkan Laptop Dari Debu

Debu yang menempel pada laptop bisa menimbulkan kerusakan-kerusakan kecil pada laptop, seperti karatan misalnya. Bahkan jika dibiarkan secara terus-menerus makan bisa dipastikana kan menimbulkan kerusakan serius seperti keyboard yang error atau beberapa hurufnya mati dan kadang tertekan sendiri.

  1. Jangan Simpan Laptop Diatas Kasur

Masih tentang debu, kasur merupakan tempat yang paling banyak menyimpan debu. Jika kita bermain laptop diatas kasur besar kemungkinan kipas pendingin laptop menyedot debu yang menempel pada kasur dan membuat mesin laptop menjadi kotor. Selain itu laptop juga akan menjadi cepat panas karna sirkulasi idara yang tidak bagus dikarenakan tertutup oleh kasur.

  1. Laptop Tidak Boleh Terlalu Digerakan Saat Dipakai

Hard disk merupakan komponen laptop yang paling rawan rusak. Hard disk akan cepat rusak jika terlalu sering digoyangkan pada saat hard disk aktif dikarenakan optic yang dimiliki hard disk tergores dan menyebabkan kerusakan pada permukaan optic hard disk.

  1. Sesuaikan Spesifikasi Dengan Pemakaian

Memiliki laptop bukan berarti kita bisa melakukan apapun dengan laptop kita. Gunakan laptop sesuai kapasitas dan spesifikasi yang dimiliki. Contohnya jika kita memiliki laptop berspesifikasi hanya untuk kerja kantoran berarti tidak boleh digunakan untuk bermain game berlebihan, apalagi game-game berat.

  1. Jauhkan Dari Minuman

Air merupakan bahan yang dapat menghantarkan arus listrik. Jalur-jalur komponen pada laptop banyak yang tidak tertutup secara utuh. Jika antara jalur-jalur tersebut terkena air dan menyebabkan “Sort Circuit” yang menyebabkan komponen terbakar dan tidak bisa digunakan lagi.

  1. Jangan Menaruh Barang Berat Di Atas Laptop

Casing laptop hanya terbuat dari plastik yang lentur, beda dengan Casing Komputer yang lebih kuat. Jika kita menaruh barang yang berat diatas laptop kemungkinan akan menindih laptop dan merusak komponen pada laptop yaitu LCD. Jika barang yang ditaruh lebih besar dan berat lagi maka kemungkinan akan merusak motherboard pada laptop.

  1. Jauhkan Laptop Dari Jangkauan Anak Kecil

Simpanlah laptop pada tempat yang aman dan tinggi sehingga anak kecil tidak bisa mengambil dan menjadikan laptop anda sebagai mainanya. Anak kecil tidak akan mengerti betapa berharganya laptop yang anda miliki.

  1. Jangan Mengenai Sinar Matahari Pada Laptop

Laptop memiliki batas suhu untuk bekerja normal. Suhu matahari akan mempengaruhi panas pada laptop dan membuat laptop menjadi lemot karena kepanasan. Bermainlah pada tempat yang sejuk atau ber AC agar dapat membantu meringankan kinerja laptop anda.

  1. Batasi Jam Pemakaian Laptop

Pemakaian laptop berlama-lama juga akan mempengaruhi umur komponen-komponen laptop. Apalagi laptop yang memiliki panas berlebih. Komkponen pada laptop memilihi batas suhu untuk bekerja normal. Jika di paksakan untuk bekerja terus-menerus maka lama-kelamaan komponen tersebut akan rusak dan mengganggu kinerja komponen lainya.

 

Kesimpulan

Gunakanlah laptop sewajarnya, rawat dan selalu cek kondisi laptop kita. Lakukan cara-cara diatas agar laptop anda terhindar dari kerusakan dan memiliki umur yang panjang. Hindari hal-hal yang menyebabkan kerusakan pada laptop kesayangan anda.

share dan beri masukan pada artikel ini di kolom komentar, jika ada tips dan cara lainya mari berbagi di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.