8 Cara Ampuh Merawat Laptop Sendiri

Posted on

Pada postingan sebelumnya sudah saya tuliskan artikel tentang 9 Cara Sederhana Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak yang mungkin bisa membantu teman-teman dalam merawat laptop kesayangan dengan perawatan sederhana namun sangat berpengaruh pada pemakaian laptop teman-teman. Pada artikel tersebut mungkin lebih di untukan kepada kalian yang belum bisa membongkar dan mengutak-atik isi komponen laptop kalian, namun dengan cara-cara tersebut sudah sangat membantu untuk merawat laptop kesayangan kalian.

Di kesempatan kali ini saya akan membuatkan tutorial, tips atau trik cara merawat laptop kalian bahkan sampai kedalam komponenya sekalipun. Kalian hanya butuh keberanian untuk membongkar laptop milik kalian untuk merawatnya. Sekali lagi hanya butuh keberanian dan jangan takut rusak, asalkan pada saat membongkar sesuai dengan prosedur, di situs youtube.com juga mungkin sudah banyak yang membuatkan tutorial membuka dan membongkar laptop seperti merek yang kalian punya, tinggal dilihat dan dicontohkan saja.

Langsung saja saya paparkan 8 Cara Ampuh Merawat Laptop Sendiri:

  1. Bersihkan kipas laptop

Kipas laptop merupakan perangkat yang berfungsi sebagai pendingin dari prosesor laptop kalian. Jika laptop mengalami panas yang berlebihan terutama pada permukaan keyboard maka segera cek kipas laptop kalian, kemungkinan sudah banyak debu yang menempel dan mengganggu kinerja dari kipas tersebut bahkan bisa merusak kipas.

  1. Ganti pasta prosesor

Selain panas yang di akibatikan kipas yang tidak berfungsi secara noramal karena debu dan kotoran, pasta prosesor pun berpengaruh pada suhu yang dihasilkan oleh prosesor laptop kalian. Jika sudah terlalu lama laptop digunakan kemungukinan pasta prosesor mengering sehingga tidak mampu menyerap dan memindah panas ke headsink dengan baik.

  1. Bersihkan motherboard dari debu

Motherboar merupakan tempat menempelnya seluruh komponen yang ada pada laptop, dari komponen tersebut banyak diantaranya yang menggunakan bahan besi, seperti port USB, VGA, HDMI, dudukan prosesor dan lain-lain. Komponen-komponen tersebut semakin lama akan berkarat jika ditempeli debu, sehingga kita wajib melakukan pembersihan secara rutin agar tidak mengakibatkan karatan pada komponen laptop.

  1. Defrag Hard disk

Agar membantu hardisk menyimpan file secara teratur dan mencari file secara cepat saat kita melakukan pencarian maka kita perlu melakukan defrag hard disk. Dengan cara ini kita dapat membantu umur pemakaian hardisk juga. Baca disini cara defrag hard disk

  1. Cas battery dengan benar

Battery merupakan tempat penyimpanan daya semeentara yang membantu laptop bekerja saat kita tidak mengunakan listrik secara langsung atau mungkin pada saat listrik padam. Merawat battery sangat penting, misalnya kita tidak disarankan untuk melakukan pengisian daya battery yang berlebihan. Karena akan mengakibatkan kerusakan komponen battery sehingga menyebabkan battery haus dan tidak dapat menghasilkan daya yang lebih lama dari biasanya.

  1. Gunakan UPS jika tidak menggunakan Battery

UPS akan melindungi laptop kita dari pemadaman listrik secara tiba-tiba. UPS bersifat sama seperti battery yang dapat membantu mensuplai daya lstrik pada saat listrik padam. Ketika listrik padam laptop tidak akan ikut mati sehingga komponen laptop tidak akan rusak karena mati tiba-tiba terutama hard disk.

  1. Bersihkan keyboard

Rata-rata keyboard yang dimiliki laptop tidak berpelindung, ketika debu menempel pada keyboard kemungkinan akan masuk kedalam lubang tombol keyboard dan merusak keyboard pada laptop kita dan hidari dari tumpahan bahan cair, karena bahan yang cair akan lebih mudah merusak keyboard bahkan seluruh komponen yang ada di dalam laptop.

  1. Hindari getaran dan benturan

Jika laptop kalian masih menggunakan hard disk untuk media penyimpananya maka kalian tidak boleh menyimpan dan bermain dengan laptop kalian pada tempat yang mudah goyang. Namun jika sudah menggunakan SSD sebagai media penyimpanan maka tidak masalah menggunakan laptop sambil dibawa kemana-mana, namun kita tetap perlu berhati-hati.

 

Umur laptop akan berpengaruh pada cara penggunaan pemiliknya. Jika tidak dirawat didigunakan secara paksa maka kemungkinan besar umur laptop yang kita miliki tidak akan lama. Jadi wajib bagi kita untuk merawat laptop kita agar awet dan nyaman digunakan.

Semoga artikel 8 Cara Ampuh Merawat Laptop Sendiri bisa ini bermanfaat untuk kalian, silahkan di terapkan dan jangan takut untuk mencoba. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.