7 TIps Membeli Hardisk Bekas Atau Second

Posted on

Nah sampai juga pada postingan tentang 7 TIps Membeli Hardisk Bekas Atau Second. Sudah lama saya ingin menulis artikel ini karena pada postingan kali ini sangat penting bagi kalian yang ingin atau sering membeli barang bekas namun berkualitas seperti baru, termasuk saya juga penggila barang second namun berkualitas hehehe. Bukan Cuma kualitas yang kita cari, tapi harga yang lebih murah dan sesuai budget yang kita miliki. Sesuai judul artikel saya akan memberikan 7 TIps Membeli Hardisk Bekas Atau Second yang mungkin bisa membantu teman-teman.

Berikut tipsnya

  1. Jangan beli online tanpa perantara atau pihak ketiga

Disarankan untuk tidak membeli barang secara online langsung lewat group facebook, WA, Line atau media social lainya, karena belum tentu orang yang anda kenal lewat group tersebut adalah beneran menjual hardisk yang kita cari atau menipu. Carilah lewat toko-toko online yang terpercaya dan memberikan jaminan kepada anda seperti BukaLapak, Tokopedia, Shopee dan lain-lainya.

  1. Ketemuan langsung dengan penjual lebih diutamakan

Saat membeli online kita tidak bisa mengecek secara langsung kondisi harsidisk yang akan kita beli walaupun penjual memberi keterangan hardisk yang mereka jual. Saat bertemu langsung dengan penjual kalian bisa sepuasnya menanyakan tentang harsidk yang dia jual, termasuk alasan kenapa dia menjual harsiknya.

  1. Perhatikan Merek hardisk

Perhatikan merek hardisk yang dijual, jangan sampai membeli merek yang abal-abal dan tidak begitu terkenal. Carilah merek hardisk Toshiba, Seagate, WD (Western Digital Company), Hitachi dll. Atau merek yang pernah kalian pake sebelumnya yang dirasa bagus dan awet.

  1. Bandingkan harga dengan penjual lain

Jika ingin mencari harga lebih murah, jangan langsung terpaku pada satu hardisk, coba bandingkan dengan hardisk-hardisk lain yang lebih murah dengan spesifikikasi dan kualitas yang hampir sama.

  1. Cek kondisi fisik hardisk

Lihatlah kondisi luar hardisk, jika ada goresan atau tanda-tanda bekas kebentur bisa dipastikan hardisk yang dijual rusak. Tapi belum pasti rusak. Bingung kan? Baca tips selanjutnya 😀

  1. Tes hardisk saat di hubungkan dengan komputer/laptop

Saat ketemuan langsung dengan pembeli, coba kalian suruh penjualnya untuk tes hardisk langsung ke komputer/laptop, perhatikan kecepatan hardisk terbaca oleh komputer. Jika langsung terbaca kemungkinan hardisk masih normal. Cek juga suara dari hardisk, jika terdapat suara “kreek kreek kreek” secara berulang-ulang bisa dipastikan hardisk tersebut sudah mengalami beberapa kerusakan.

  1. Cek kondisi harsdisk

Setelah mencoba tes dengan menancapkan hardisk dengan koputer, coba tes lagi hardisk dengan menggunakan software. Untuk tutorial cek hardisk dengan software kalian bisa membaca hardisk saya tentang Memonitoring Kesehatan Hardisk.

kesimpulan

Dari semua tips di atas kita tidah boleh hanya mleihat murahnya saja sehingga kita asal beli hardisk bekas tampa memperhatikan kondisi hardisk. Bukanya untung yang kita dapat malah bunting hahaha. Semoga tips diatas bermanfaat buat kalian yang ingin membeli hardisk bekas atau second.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.