6 Cara Merawat Baterai Laptop

Posted on

Laptop sudah menjadi barang yang tidak asing lagi yang menemani kita setiap hari. Bekerja, bermain game, online dan semua aktifitas digital bisa kita lakukan melalui sebuah laptop. Rutinitas yang selalu melibatkan laptop membuat benda ini digunakan secara terus menerus hingga akan mengalami perubahan-perubahan yang umum terjadi. Banyak dari pengguna benda ini belum mampu merawat dan memakainya secara tepat dan benar, sehingga terjadi banyak kerusakan-kerusakan pada laptop bahkan fatal sampai tidak bisa digunakan lagi.

Yang paling umum terjadi adalah menurunya kinerja baterai pada laptop. Laptop yang terlalu diforsir untuk bekerja biasanya akan mengalami hal ini, mulai dari baterai drop, cepat habis sampai tidak bisa digunakan sampai laptop kita tidak bisa jauh dari chargernya. Sebagai pengguna yang sangat membutuhkan benda ini kita wajib melakukan perawatan yang tepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kita gak mau kan pada saat kita bermain atau bekerja dengan laptop merasa terganggu  hanya karena battery laptop yang cepat habis? Apalagi laptop kita tidak bisa jauh dari charger, ribet kan? Lalu bagaimana kalau listrik padam? Makin ribet dah gak bisa ngapa-ngapain haha.

Oleh karena hal tersebut di artikel kali ini saya membuat tips cara merawat baterai laptop agar awet dan tidak gampang rusak.

Berikut tipsnya:

  1. Gunakakan charger original

Charger original pasti kita dapatkan pada saat pembelian laptop baru. Jangan menggunakan charger lain selain charger tersebut karena kemungkinan tidak cocok dengan laptop yang kamu punya, karena setiap charger memiliki spesifikasi masing-masing untuk laptop dan berpengaruh juga pada baterai saat digunakan.

  1. Carger baterai sebelum 10%

Jangan biasakan baterai kamu habis sehabis habisnya, cas kembali baterai saat sebelum kapasitas baterai menyentuh 10%.

  1. Cabut baterai saat pengisian mencapai %100

Perhatikan kapasitas pengisian baterai, ketika sudah menyentuk 100% atau lampu indicator baterai full menyala maka segera lepas charger agar tidak melakukan pengisian yang berlebih dan jangan melakukan pengisian baterai jika kita sedang ingin tidur atau pada saat bepergian.

  1. Charger Laptop dalam keadaan mati

Mengisi daya baterai saat laptop dalam keadaan mati lebih disarankan dibandingkan melakukan pengisian pada saat laptop dipakai. Batreai akan tetap menyuplai daya pada saat laptop digunakan walaupun sedang di cas, sehingga kinerjanya akan lebih berat dan pengisian menjadi lama.

  1. Close aplikasi yang tidak dibutuhkan

Selalu cek aplikasi apa saja yang sedang berjalan di laptop kamu, tutup aplikasi yang kira-kira sudah tidak diguakan lagi karena juga memberatkan laptop dan daya bateraipun dipakai lebih banyak.

  1. Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan layar pada laptop juga berpengaruh besar dengan penggunaan baterai. Semakin cerah layar baterai maka semakin banyak daya baterai yang akan digunakan.

Caca Juga: 9 Cara Sederhana Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.