5 Tips Menghemat Baterai Laptop

Posted on

Jika anda seorang yang bekerja menggunakan laptop maka artikel ini wajib anda baca dan terapkan pada laptop anda. Sebagai pengguna laptop kita pasti butuh tenaga baterai yang cukup dan memadai saat kita berpergian, diatas mobil atau ketika listrik dirumah padam padam. Untuk membantu kinerja baterai laptop lebih lama disini saya akan mebuat 5 Tips Menghemat Baterai Laptop yang saya dapatkan dari bebrapa sumber dan pengalaman pribadi.

Berikut tips-tipsnya:

  1. Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang terlalu berlebuhan akan berdampak pada kebutuhan energy listrik yang digunakan. Semakin terang layar laptop kita maka semakin banyak kebutuhan energy. Turunkan kecerahan layar sampai pada level yang kira-kira cukup untuk bekerja, bila perlu ke level yang paling rendah.

  1. Atur sleep otomatis

Ketika kita menggunakan sebuah laptop kadang-kadang kita meninggalkanya untuk melakukan aktifitas lain, misalnya makan, bertemu dengan orang lain, tidur ataupun ketiduran padahal laptop kita masih menyala. Jika system terus berjalan maka tenaga baterai akan terus dikuras dan cepat habis, sangat boroskan jika hanya ditinggal pergi begitu? Maka dari itu untuk menghemat tenaga baterai kita perlu mengaktifkan fitur sleep otomatis dalam beberapa menit (max 5 menit)

  1. Hibernate lebih baik dari pada sleep

Mungkin tips ketiga mirip dengan tips kedua, yaitu hibernate lebih baik daripada sleep, karena daya baterai akan lebih awet lagi jika laptop di hibernate jika masih ada program pekerjaan yang masih ingin dikerjakan. Hanya saja saat menyalakan kembali, laptop kita akan booting kembali seperti pertama kali menyalakan laptop.

  1. Close aplikasi yang tidak dipakai

Hal ini sering kita abaikan, bahkan sayapun sering melakukan ini. Membiarkan aplikasi yang sudah tidak terpakai akan berpengaruh pada daya yang digunakan karena system akan terus membaca aplikasi-aplikasi yang masih berjalan, sehingga kinerja laptop lebih tinggi dan membutuhkan daya yang lebih.

  1. Matikan Wifi atau Bluetooth

Jika tidak menggunakan dua device ini lebih baik di matikan saja, hal ini dikarenakan kedua perangkat ini memiliki hardware tambahan untuk bekerja. Dan jika terus dibiarkan daya yang dibutuhkan akan lebih tinggi di bandingkan dengan aplikasi yang dibiarkan terbuka atau berjalan.

5 tips diatas hanya beberapa cara mudah untuk menghemat baterai laptop kita, mungkin masih banyak tips-tips lainya yang bisa kalian tulis dikolom komentar. Silahkan saling share agar kita sama-sama memberi informasi yang  bermanfaat. Sekian dan semoga membantu 😀

Baca Juga:

9 Cara Sederhana Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

6 Cara Merawat Baterai Laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.